Khasiat Jinten Hitam (Habbatussauda) untuk Kesehatan Anda

Khasiat jinten hitam (habbatussauda) telah diketahui sejak ribuan tahun yang lalu oleh masyarakat dari daratan Timur Tengah. Tanaman yang memiliki nama latih Nigella sativa ini merupakan tanaman herbal yang sering diolah menjadi berbagai bumbu penyedap hingga pengawet alami di negara asalnya. Meski begitu, tanaman ini ternyata diketahui memiliki manfaat yang besar untuk kesehatan.

Manfaat jinten hitam sendiri diteliti pertama kali oleh ilmuwan dari zaman keemasan Islam, yaitu Ibnu Sina. Ilmuwan ini mengungkapkan hasil penelitiannya mengenai jinten hitam di dalam jurnalnya Canon of Medicine. Beliau mengungkapkan bahwa tanaman ini bermanfaat sebagai obat untuk gejala gangguan pernapasan. Tidak hanya itu, tanaman ini juga memiliki beragam manfaat lainnya. Berikut ulasannya.

Khasiat Jinten Hitam (Habbatussauda) untuk Berbagai Kesehatan

1. Meningkatkan Produksi dan Memperbaiki Kualitas Sperma

Kualitas sperma yang buruk ditandai dengan berkurangnya kemampuan berenang sperma di dalam saluran reproduksi wanita. Hal ini dapat mengakibatkan kemampuan sperma dalam membuahi sel telur pun berkurang. Selain itu, masalah terhadap jumlah sperma yang diproduksi juga mengakibatkan menurunnya kesuburan seorang pria.

Konsumsi jinten hitam diketahui memiliki manfaat yang besar terhadap peningkatan kesuburan pria. Hal ini bahkan telah dibuktikan secara langsung lewat penelitian medis di Universitas of Malaysia tahun 2014. Riset menunjukkan bahwa konsumsi minyak jinten hitam dapat mengatasi masalah kualitas pada sperma. Jinten hitam juga berfungsi untuk memperbaiki struktur jaringan organ testis.

Untuk mendapatkan manfaat jinten hitam dalam memperbaiki kualitas reproduksi pria, Anda bisa mengkonsumsi NF Vitamale. NF-Vitamale mengandung berbagai tanaman herbal yang bermanfaat untuk memperbaiki vitalitas dan kesuburan pria dewasa.

2. Menurunkan Tekanan Darah pada Penderita Hipertensi

Mengkonsumsi pil yang mengandung ekstrak habbatussauda memberikan manfaat yang besar dalam menurunkan tekanan darah tinggi pada mereka yang menderita hipertensi ringan. Hal ini dibuktikan lewat penelitian yang memeriksa efek konsumsi pil habbatussauda selama dua bulan terhadap beberapa penderita hipertensi.

Penelitian membuktikan bahwa konsumsi minyak habbatussauda berhasil menurunkan tekanan darah hingga 1 sampai 3 mmHg selama dua bulan. Kelompok yang mengalami penurunan tekanan darah mengkonsumsi rutin pil habbatussauda sebanyak 100 mg sampai 200 mg perhari.

3. Menurunkan Jumlah Kolesterol Jahat

Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam ekstrak habbatussauda memiliki manfaat yang besar terhadap penderita kolesterol. Berbagai penelitian menunjukkan bahwa konsumsi habbatussauda secara rutin dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL hingga ke level normal dalam darah. Sebaliknya, habbatussauda bermanfaat meningkatkan jumlah kolesterol baik atau HDL dalam darah.

4. Mengobati Gejala Diabetes Tipe 1

Minyak habbatussauda mengandung zat aktif Thymoquinone (TQ) yang bermanfaat dalam menghentikan perkembangan diabetes tipe 1. Hal ini dibuktikan lewat penelitian Universitas Teknologi MARA Malaysia yang menunjukkan minyak habbatussauda bahkan mampu menghentikan diabetes tipe 1 hingga ke akarnya.

Mengkonsumsi habbatussauda bisa menjadi salah satu alternatif obat herbal mengatasi kondisi diabetes. Banyak peneliti yang percaya bahwa kandungan dalam minyak ini bahkan dapat menggantikan pengobatan diabetes yang bergantung pada insulin.

5. Melawan Sel Kanker

Kandungan antioksidan berupa etanol yang ada di dalam habbatussauda bermanfaat dalam melawan sel kanker yang tumbuh dalam tubuh. Senyawa aktif ini mampu memberikan perlindungan hingga 80 persen terhadap efek stress oksidatif akibat adanya radikal bebas dalam tubuh.

Khasiat jinten hitam (habbatussauda) terhadap kesehatan terbukti apabila mengkonsumsinya secara rutin. Selain itu, jinten hitam juga tidak memiliki efek samping yang tentunya aman bagi tubuh.

Tinggalkan komentar

WhatsApp chat